Kamis, 22 April 2010

KONSEP KEAMANAN INFORMASI

Keamanan sebuah informasi merupakan sebuah hal yang juga harus di perhatikan,karena jika suatu organisasi dapat di akses oleh orang yang tidak berhak / tidak bertanggung jawab,maka keakuratan informasi tersebut akan diragukan,bahkan akan menjadi sebuah informasi yang menyesatkan

Sisten keamanan informasi(information security)memiliki 4 tujuan yang sangat mendasar,yaitu:
-Availability
Menjamin pengguna yang valid selalu bisa mengakses informasi dan sumber daya miliknya sendiri.Untuk memastikan bahwa orang-orang yang memang bherhak tidak di tolak untuk mengakses informasi yang memang menjadi haknya.
-Confidentiality
Menjamin inforasi yang dikirim tersebut tidak dapat dibuka dan tidak dapat di ketahui orang yang tidak berhak.Sehingga upaya orang-orang yang ingin mencuri informasi tersebut akan sia-sia.
-Integrity
Menjamin konsistensi dan menjamin data tersebut sesuai dengan aslinya.Sehingga upaya orang-orang yang berusaha merubah data itu akan ketahuan dan percuma.
-Legitimate use
Menjamin kepastian bahwa sumberdaya tidak dapat di gunakan oleh orang yang tidak berhak.
PENGAMAN FILE DOKUMEN
Selain pengaman secatra umum misalnya jaringan komputer,PC,.Pengaman file dokumen secara tersendiri misalnya melakukan pemberian password(security option)juga mutlak diketahui.Ini lebih banyak dibutuhkan pada pengguna PC bersama.

LANGKAH PEMBERIAN SECURITY PADA DOKUMEN MS.WORD
1. Buka file ms.word yang akan diberikan password
2. klik file lalu save as
3. kemudian pilih general option
4. isikan kembali password yang sama lalu klik ok
5. klik save

selain langkah diatas juga dapat dilakukan dengan cara ,buka menu->option->tab security

Tidak ada komentar:

Posting Komentar